Mengenal Lebih Dalam Penyebab Setir Mobil Lari Ke Kiri

Pasti sangat meresahkan jika setir kemudi mobil Anda dalam keadaan yang tidak stabil atau setir mobil lari ke kiri. Kondisi setir terasa lari ke kiri ini juga mengindikasikan bahwa terdapat masalah pada bagian atau komponen dalam mobil yang Anda miliki. Maka dari itu, jika setir mobil Anda  lari ke kiri, segeralah untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri. Jika Anda tidak segera memperbaikinya, maka dikawatirkan dapat terjadi kecelakaan dalam berkendara yang mana disebabkan oleh ketidakstabilan setir kemudi yang tiba-tiba lari ke kiri.

Pada umumnya, permasalahan setir mobil lari ke kiri ini disebabkan oleh beberapa permasalahan, baik itu disebabkan oleh hal teknis maupun kesalahan Anda sebagai pemilik mobil yang kurang memperhatikan mobil Anda.Misalnya, Anda lupa untuk melakukan servis dan perawatan pada mobul Anda.Hal tersebut sangatlah wajar, sebab tidak semua orang mengetahui seluk beluk mobil. Namun, bagi Anda yang tidak mengetahui seluk beluk mobil Anda tidak perlu khawatir, disini kursusmekanikmobil.net akan memberikan informasi apa saja yang menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri. Nah, berikut ini beberapa penyebab yang dapat Anda ketahui:

  • Kerusakan pada Bagian Understeel Mobil

Setir mobil lari ke kiri bisa jadi disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian understeel atau kedua kaki-kaki dari roda ban mobil mengalami kerusakan. Sementara itu, kerusakan di bagian understeel ini bisa juga disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kerusakan di bagian tierod. Kerusakan di bagian tierod ini akibat dari keausan atau munculnya karat pada bagian kaki-kaki roda ban mobil. Hal inilah yang menyebabkan setir kemudi mobil Anda terkadang bergerak sendiri ke krir.Sehingga menyulitkan Anda untuk mengendalikan mobil yang sedang Anda kendarai.

  • Understeel Mobil Goyang

Selain munculnya karat, understeel mobil yang kocak atau goyang juga bisa menjadi penyebab dari setir mobil lari ke kiri.Hal ini biasanya terjadi apabila Anda kerap ngebut dan ugal-ugalan di jalanan ketika berkendara.

  • Understeel Mobil Sudah tidak Layak Digunakan

Sebagai pemilik mobil, diwajibkan bagi Anda untu selalu merawat serta melakukan servis rutin di bengkel resmi. Apabila Anda melalaikan jadwal servis dan perawartan mobil maka Anda tidak mengetahui apa saja kerusakan pada mobil yang Anda miliki. Artinya, jika Anda melakukan servis mobil secara rutin sesuai jadwal, maka kerusakan mobil Anda dapat diketahui dan langsung bisa diperbaiki sebelum kerusakan tersebut merembet ke komponen penting lainnya pada mobil Anda yang mana dapat menambah biaya perawatan mobil tersebut. Misalnya, dengan melakukan servis, anda bisa mengetahui apakah understeel mobil yang Anda miliki masih layak pakai atau tidak. Bisa saja bagian understeel atau kaki-kaki roda ban mobil yang Anda miliki sudah waktunya diganti. Sebab, jika Anda tidak segera mengganti understeel mobil yang tidak layak digunakan maka dapat menyebabkan setir mobil lari ke kiri.

  • Sudut Toe-Out Roda Mobil yang Terlalu Melebar

Penyebab dari setir mobil lari ke kiri yang selanjutnya yaitu terlalu melebarnya sudut to-out roda mobil. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidaksempurnaan pemasangan komponen understeel yang baru saja diganti atau bisa juga disebabkan oleh pergeseran mur pengunci tieroid. Adapun solusi yang dapat kursusmekanikmobil.net berikan kepada Anda yaitu dengan memperbaiki sudut toe-out roda mobil .Anda juga dapat membawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat guna memperbaiki sudut tou-out roda mobil tersebut.