Kisah Sukses Achmad Zaky

Dewasa ini, saat transformasi digital mulai dilakukan di berbagai bidang, semakin banyak toko online atau online shop yang bermunculan. Salah satunya adalah Bukalapak. Di balik kesuksesan Bukalapak dalam mendorong aktivitas Usaha Mikro dan Menengah (UMKM), terdapat usaha keras seorang Achmad Zaky sebagai pendiri marketplace tersebut.

Riwayat Hidup

Achmad Zaky lahir di Sragen pada 24 Agustus 1986. Sebelum sukses membuat Bukalapak, Achmad Zaky sudah memiliki segudang prestasi yang didapatkannya dari pemrograman komputer.

Ketertarikan Achmad Zaky pada dunia teknologi dimulai sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar, tepatnya pada tahun 1997 ketika salah seorang pamannya memberikan sebuah komputer dan buku-buku pemrograman komputer.

Minat dan ketertarikannya pada bidang informatika terus berlanjut hingga Achmad Zaky duduk di sekolah menengah atas (SMA). Di masa SMA itulah Achmad Zaky berkesempatan untuk mewakili sekolahnya, yaitu SMA Negeri 1 Solo di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer.

Di ajang bergengsi tersebut, Achmad Zaky berhasil membuktikan kemampuannya dengan menjadi pemenang.

Begitu lulus dari SMA, dia kemudian melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika.

Seiring dengan pengetahuannya di bidang informatika yang semakin bertambah selama kuliah, Achmad Zaky kembali menghias namanya dengan prestasi melalui kompetisi-kompetisi teknologi Informatika tingkat nasional yang diikutinya.

Salah satunya adalah juara II pada Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Dia juga pernah mendapatkan merit award di kompetisi Indonesia ICT Awards (INAICTA) di 2008.

Achmad Zaky bahkan pernah berkontribusi dalam penyelenggaraan pemilu atau pemilihan umum dengan membuat perangkat lunak (software) MobiSurveyor. Fungsi perangkat lunak ini adalah untuk melakukan perhitungan cepat survei pemilu.

Dengan prestasi gemilangnya di bidang pendidikan, Achmad Zaky mendapatkan beasiswa studi dari pemerintah Amerika Serikat untuk belajar di Oregon State University selama 2 bulan pada tahun 2008.

Latar Belakang Bukalapak

Kisah sukses Achmad Zakydimulai begitu lulus dari ITB dan mendirikan Suitmedia, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi teknologi. Dia kemudian membuat halaman web alias websitesebagai proyek internal perusahaan yang didirikannya. Proyek inilah cikal bakal dari bukalapak.com yang kini sangat terkenal.

Tujuan dibuatnya Bukalapak tercermin jelas dari visinya, yaitu mengubah hidup banyak orang dengan fokus utama pada UMKM. Lebih tepatnya untuk memajukan UMKM lewat internet.bukalapak.com melalui fase pengembangan selama 2 bulan sebelum akhirnya dapat digunakan.

Achmad Zaky mengajak banyak pelaku usaha (pedagang) di mall untuk bergabung dengan Bukalapak. Namun, respons yang baik justru datang dari pelaku UMKM sementara respon baik dari pedagang mall sangat rendah.

Hal inilah yang menyebabkan Achmad Zaky kemudian memutuskan untuk fokus dalam membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka.

Jumlah pedagang di bukalapak.com terus bertambah hingga mencapai 10.000 pedagang di tahun 2008 dan terus bertambah hingga saat ini. Terlebih ketika terjadi pandemi yang memaksa masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah.

Kisah sukses Achmad Zaky sebagai pendiri bukalapak.com menjadi salah satu bukti bahwa dibutuhkan kerja keras untuk menjadi seorang pengusaha sukses, apa pun bidangnya.

Oleh karena itulah, jika Anda ingin menjadi orang sukses, dibutuhkan usaha keras. Misalnya dengan bisnis minuman ringan yang diproduksi pabrik maklon minuman. Meski begitu, Anda tetap dapat menentukan produk minuman seperti apa yang diinginkan sebelum nantinya diproduksi pabrik maklon minuman.