Agar Rapi dan Tidak Terpotong Seperti ini Cara Print Excel

Tidak mengejutkan jika masih banyak yang mencari tutorial cara print Excel. Harus diakui jika print Excel lebih sulit jika dibanding print Word. Kebanyakan kasus yang ditemukan adalah kertas terpotong atau tidak rapi.

Nah, untuk Anda yang kebetulan juga mengalami hal yang sama, tenang saja. Tidak perlu panik terlebih dahulu. Sebab pada kesempatan kali ini neotekno.com akan memberikan tutorial singkat mengenai bagaimana cara print Excel.

Satu lagi yang harus dipahami adalah pada dasarnya apakah itu print Excel maupun Word sama mudahnya. Yang penting adalah Anda tahu langkah-langkahnya. Atau dengan kata lain Anda bisa mensetingnya.

Tips Sebelum Print Excel

Anda harus bisa mengatur isi data yang akan di-print. Jika memungkinkan, ada baiknya untuk memisah isian data yang akan di print dengan yang hanya digunakan sebagai database.

Untuk data yang akan Anda print, sebaiknya tidak perlu lebar atau melibatkan banyak kolom. Sebab bisa berpotensi terpotong atau terlalu kecil ketika di-print jika Anda paksakan muat dalam satu lembar kertas. Penting juga untuk menentukan margin atau batas cetaknya juga.

Untuk melihat seperti apa tampilan hasil print dokumen Excel, Anda bisa menggunakan Page Layout View. Sementara itu jika dokumen memiliki banyak kolom dan lebar, ada baiknya untuk menggunakan Landscape Orientation.

Jika Anda ingin mencetak beberapa bagian atau sebagian dari Worksheet, sesuaikan dengan Print Area. Sementara itu, jika halaman yang ingin Anda print ternyata cukup panjang dan terbagi menjadi beberapa halaman, pastikan Page Break atau pergantian setiap halaman sesuai dengan yang Anda inginkan.

Untuk mengatur skala hasil print atau membagi hasil print ke dalam beberapa halaman yang ditentukan, gunakan pengaturan skala percetakan.

Tutorial Print Excel

Untuk print dokumen Excel pada dasarnya relatif mudah. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengaktifkan menu Perintah Print atau cetak file Excel yang ada di Backstage View. Caranya dengan mengklik Tab File. Selain itu Anda juga bisa dengan menggunakan Ctrl + P.

Nah, di dalam Pengaturan Print, terdapat beberapa opsi yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja seperti:

  1. Copies

Anda bisa mengatur jumlah salinan pencetakan file Excel.

  1. Printer

Anda bisa memilih dan juga menampilkan jenis printer yang digunakan untuk print file Excel.

  1. Mencetak Semua atau Sebagian Lembar Kerja

Untuk opsi ini, ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Diantaranya seperti:

  • Print Entire Workbook. Bisa dipilih jika ingin mencetak semua sheet.
  • Print Active Sheet. Bisa dipilih jika ingin mencetak sheet yang sedang aktif saja.
  • Print Selected Table. Bisa dipilih jika ingin mencetak format tabel Excel yang Anda pilih.
  • Print Selection. Bisa dipilih jika ingin mencetak sebagian range yang memang terseleksi saja.
  1. Pages

Anda bisa memilih halaman berapa saja yang ingin Anda cetak.

  1. Landscape/Portrait

Untuk menentukan jenis orientasi halaman.

  1. Ukuran Kertas Cetak

Untuk memilih jenis ukuran kertas cetak.

  1. Margin atau Batas Tepi

Untuk mengatur margin atau batas tepi pada kertas cetak.

  1. Skala Percetakan

Jika ingin mengatur skala percetakan, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Diantaranya seperti:

  • Fit Sheet on One Page. Bisa dipilih jika ingin menyusutkan semua bagian yang dicetak ke dalam satu halaman.
  • Fit All Row on One Pages. Bisa dipilih jika ingin menyusutkan tinggi atau panjang bagian yang dicetak ke dalam satu halaman.
  • Fit All Column on One Pages. Bisa dipilih jika ingin menyusutkan lebar bagian yang dicetak ke dalam satu halaman.

Nah, jika pengaturan dan print preview sudah sesuai, langkah terakhir cara print Excel adalah tinggal memilih tombol Print.