4 Cara Mengajak Anak Memakai Jilbab yang baik dan benar

Membiasakan anak untuk menggunakan hijab merupakan bentuk pendidikan yang baik untuk dilakukan. Namun agar di kecil tidak merasa terlalu terbebani, anda perlu menggunakan cara yang baik. Anda tidak boleh memaksa atau bahkan memarahinya. Berkiatan dengan hal ini, yuk simak daftar cara mengajak anak memakai jilbab berikut.

Cara Membiasakan Anak Memakai Hijab

  1. Biasakan Anak Dengan Pakaian Tertutup

Membuat anak terbiasa dengan menggunakan hijab bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Salah satu tahapan yang perlu dilakukan adalah membiasakan anak dengan pakaian pakaian terturut. Anda sebagai ibunya yang perlu mencontohkan kepada mereka bagaimana cara berpakaian yang baik menurut agama Islam. Jika sudah terbiasa, maka style pakaian panjang akan menjadi favoritnya.

Baru kemudian anda bisa membiarkan mereka untuk membeli kerudung dan mencobanya. Anda tidak boleh terlalu memaksakan kehendak karena anak cenderung berontak. Gunakan cara merayu agar anak merasa tertarik untuk menggunakan hijab. Meskipun tidak mudah, namun tips ini cukup manjur jika dilakukan secara rutin.

  1. Berikan Pujian Dan Motivasi

Anak anak perlu diberi motivasi dan pujian atas apa yang berhasil mereka lakukan. Meskipun menurut anda pujian adalah hal yang sepele, namun hal tersebut jauh berbeda dengan anak anak. Mereka pelru dukungan ornag tua dan skeitarnya untuk bisa bekrmebang dengan baik. Cara memujinya juga tidak perlu berlebihan yang penting anak anak tahu bahwa anda mengapresiasinya.

Meskipun awalnya si kecil menggunakan hijab untuk mendapat pujian, namun seiring berjalannya waktu tujuan tersebut akan berubah. Mereka akan melakukan hal tersebut secara mandiri untuk mendapat pujian dari kedua orang tuanya. Selain motivasi, anda juga bisa memberi si kecil hadiah sebagai bentuk reward. Hadiahnya tidak perlu terlalu mahal dan cari lah yang mereka sukai.

  1. Pilihkan Jilbab Yang Nyaman Saat Digunakan

Anak anak sangat sensitif jika merasa pakaian yang digunakannya tidak nyaman. Mereka cenderung menangis atau meminta anda untuk mengganti pakaiannya. Kejadian semacam ini juga akan terjadi jika anda membelikan mereka jilbab yang tidak nyaman. Pilihlah produk dengan bahan terbaik agar anak anak tidak merasa bahwa jilbab adalah sebuah item yang mengganggu.

Jika perlu, anda bisa membawa si kecil untuk berbelanja hijabnya sendiri. Dengan begitu, mereka akan menggunakan kerudung itu dengan lebih ikhlas tanpa ada paksaan. Mereka juga bisa membeli produk yang nyaman menurutnya. Banyak orang tua yang mengira bhawa pilihanny aadalah yang terbaik untuk di kesil namun nytaanya tidak demikian.

  1. Tempatkan Anak Anda Di Lingkungan Yang Mendukung

Tidak dapat dipungkiri jika lingkungan dapat membentuk karakter seseorang, termasuk cara berpakaiannya. Bagi anda yang ingin anaknya terbiasa memakai jilbab, maka usahakan semua wanita yang ada di dalam rumah selalu menggunakan kerudung saat keluar. Dengan begitu, si kecil akan mencontoh kebiasaan tersebut tanpa anda minta.

Cara mengajak anak memakai jilbab ini cukup ampuh dan sudah terbukti berhasil. Rasanya tidak adil jika anda sendiri tidak berhijab namun meminta anak untuk memakai kerudung. Si kecil pasti akan menolak karena orang tuanya saja tidak berkerudung, lantas mengapa dia harus melakukan hal tersebut.

Selain masalah jilbab, ada juga perlu membiasakan si kecil untuk mengenakan dress muslimah atau tertutup. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka mereka akan merasa bahwa pakaian dan kerudung merupakan satu kesatuan yang wajib dipakai bersamaan. Mereka akan menjadi canggung jika menggunakan busana  muslim namun tidak berkerudung.